Sat. Apr 17th, 2021

Suara sragen

JUJUR AMANAH DAN TERPERCAYA

Wujud Kedekatanya Bersama Seluruh Warga Kapolsek Ngrampal Sragen Mencari Berkah Dengan Melaksanakan Giat Bhakti Religi

2 min read

Sragen- AKP Agus Irianto, SH, MH Kapolsek Ngrampal  Polres Sragen Polda Jawa Tengah bersama seluruh anggota dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara Ke – 73 Tahun melaksanakan kegiatan Bhakti Religi di tempat tempat Ibadah, Minggu(23/06/2019).

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan,  SIK, MH, MIK melalui Kapolsek Ngrampal AKP Agus Irianto, S.H,M.H sedikit menjelaskan tentang Bhayangkara berasal dari bahasa sansekerta, yang artinya  penjaga, pengawal, pelindung, dan pengaman keamanan masyarakat.

Makna hakiki dari perayaan hari ulang tahun sebetulnya mensyukuri atas segala berkat dan anugerah Tuhan yang telah diterima oleh yang merayakannya. Berkat dan anugerah Tuhan yang disyukuri manusia tidak hanya lahir tapi juga batin. Tidak hanya karena masih diberi kesempatan untuk hidup dan bernafas, tapi juga atas semua rezeki atau materi yang diperoleh setiap hari.

Makna penting lainnya kita merayakan hari ulang tahun ialah untuk mengintrospeksi diri. Dalam momen itu kita akan melihat kembali kekurangan-kekurangan yang terjadi pada masa lalu.

Apa yang perlu diambil dan apa yang harus ditinggalkan. Apa yang harus diperbaiki dan dilakukan guna menata kembali  kehidupan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, hari ulang tahun merupakan momentum untuk memulai sesuatu yang baru dan meninggalkan segala kekurangan dan kelemahan yang terjadi pada masa lalu.

Makna paling hakiki dari HUT Bhayangkara itu sebetulnya  bukan pada seremoninya belaka. Juga bukan pada suasana yang hingar bingarnya. Tapi bagaimana personil-personil yang ada di dalam lembaga kepolisian itu bisa introspeksi diri, melihat diri atas segala perbuatan dan tingkah laku, terutama dalam pelaksanaan tugas sebagai bhayangkara selama ini, baik atas nama diri sendiri maupun sebagai lembaga.

Jujur diakui, dalam pelaksanaan tugas selama ini, masih banyak tingkah laku dan perbuatan oknum anggota kepolisian yang tidak mencerminkan dirinya sebagai seorang bhayangkara, yaitu sebagai penjaga, pengawal, pelindung, dan pengaman keamanan masyarakat. Meski diklaim sebagai perbuatan oknum.

Karena itu, HUT Bhayangkara ini merupakan momentum yang tepat untuk  merenungkan dan merefleksikan berbagai kekurangan dan kelemahan yang sudah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya yang mengakibatkan buruknya citra lembaga kepolisian di masyarakat sehingga perlu diperbaiki sejak dini, dan hanya dengan cara demikian, dengan kembali kepada jati dirinya, anggota dan lembaga kepolisian semakin dicintai oleh masyarakatnya.

Humas Ngrampal Sragen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.