Sat. Jan 16th, 2021

Suara sragen

JUJUR AMANAH DAN TERPERCAYA

Sampaikan Pesan Kamtibmas, Patroli Polsek Plupuh Sragen Sambangi Pos Kamling Desa Karungan

2 min read

Sragen – Usaha Pemberdayaan masyarakat dalam memelihara kamtibmas merupakan tugas kepolisian dalam rangka menjaga keamanan lingkungan. Aktivitas pekerjaan mengantisipasi kerawanan tindak kejahatan, jajaran Polsek Plupuh Polres Sragen Polda Jawa Tengah senantiasa menggiatkan patroli, Jumat (16/08/2019).

Tampak Ka SPK Polsek Plupuh Polres Sragen Aiptu Budi Wahono bersama anggota melaksanakan sambang ke Pos Kamling Desa Karungan Kecamatan Plupuh Sragen. Dalam kesempatan tersebut Aiptu Budi Wahono menyampaikan tentang pentingnya menjaga keamanan lingkungan.

“Di samping menjalankan tugas juga menjalin silaturahmi bersama petugas kamling mengingat sistem keamanan paling bawah, saya sampaikan kepada warga agar tamu yang menginap 1×12 jam harus tetap lapor pada RT/RW setempat untuk mengantisipasi terorisme, jangan sampai lingkungan kita dijadikan ajang persembunyian,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan agar kemampuan petugas kamling jangan sampai mengendur termasuk kemampuan salah satunya membunyikan tanda bahaya.

“Saya sampaikan juga pembagian tugas antar kelompok kamling juga harus dilaksanakan, jangan di pos semua ada juga yang ronda keliling kampung dan untuk membunyikan kentongan harus sesuai dengan petunjuk,” tambahnya.

Bripka Bambang yang juga ikut dalam tim patroli juga mengingatkan apabila terjadi gangguan kamtibmas segera melaporkan ke polsek.

“Tolong bila ada kejadian yang mengganggu, meresahkan dan membahayakan masyarakat segera melapor kepada petugas,” ucapnya.

Salah satu dari awak pos Kamling menyampaikan apresiasinya dengan kedatangan polisi.

“Terima kasih pak polisi atas nasehatnya dan akan kami laksanakan dalam tugas, memang pos kamling adalah penanganan awal selanjutnya diserahkan kepolisian ”ucapnya.

Dalam kesempatan terpisah Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, SIK, MH, MIK, melalui Kapolsek Plupuh AKP Sunarso, SH, MH, menyampaikan bahwa kegiatan patroli yang dilaksanakan Polsek Plupuh senantiasa mengadakan sambang dan binluh kepada pos kamling sebagai implementasi pam swakarsa dan partisipasi masyarakat dalam mengamankan lingkungannya.

“Pos kamling tidak hanya berfungsi mengamankan lingkungan namun demikian juga sebagai fungsi sosial pelayanan masyarakat, kepada awak pos kamling jangan ragu ragu melapor ke polsek bila membutuhkan bantuan,” kata Kapolsek.

(ary)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.