Thu. Jan 21st, 2021

Suara sragen

JUJUR AMANAH DAN TERPERCAYA

Pembakaran Peralatan Milik PT KAI, Kerugian Capai Rp 25 Juta, Pelaku Didalami Polres Sragen

2 min read

tribratanews.jateng.polri.go.id, Sragen –  Polsek Sragen Kota Polres Sragen Polda Jawa Tengah dalami kejadian pembakaran alat Swit Box Motor Wesel dan HEAD Axel Konter Rel kereta Api, berlokasi di rel kereta api Sragen-Bonromo KM 233 + 200 Kelurahan Sragen Tengah Sragen. Minggu (10/08/2019).

Team olah tempat kejadian perkara, di pimpin langsung Kapolsek Iptu Mashadi bersama team inafis Polres, didampingi pula petugas PT Kai Daop 6 Yogyakarta, Stasiun Sragen.

 

Dalam keterangannya mewakili Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Iptu Mashadi menerangkan, diduga alat Swit Box Motor Wesel dan HEAD Axel Konter Rel kereta Api itu sengaja di bakar oleh seseorang, pasalnya, pada peralatan yang terbakar tersebut, terdapat kain sarung dan kaos yang sengaja di bakar dengan menggunakan korek api jenis gas yang masih tersisa di tempat kejadian.

 

“Saat berhasil di padamkan, kain sarung dan koas tersebut masih nampak, didekatnya ada korek api berwarna hijau, diduga sebagai alat untuk memantik api, “ terang Kapolsek.

 

Peristiwa itu pertama kali di ketahui rabu 7 agustus pukul 24.00 Wib tengha malam oleh petugas piket jaga malam JPL 72 alun alun. Ia melihat ada bara api di TKP. Melihat ada bara api tersebut, ia langsung menghubungi pihak security stasiun sragen melalui telepon.

 

Saat di cek, benar di tempat tersebut terdapat api yang masih menyala, dan menyulut peralatan milik PT Kai senilai puluhan juta rupiah itu. Api tersebut menyala berasal dari kain sarung dan koas.

 

“ Dari jauh terlihat ada api. Kemudian saksi menelpon security stasiun sragen untuk melakukan pengecekan. Saat di cek ternyata posisi api tersebut membakar peralatan milik PT Kai, seharga Rp 25 juta rupiah. Saat itu, petugas langsung mematikan api, sehingga api hanya membakar kabel pembungkus, dan tak sampai merusak fungsional peralatan itu, “ terangnya kembali.

 

Api tersebut menyala dari bahan kain sarung dan kaos yang di satukan. Di dekat lokasi kejadian terdapat pula korek api jenis gas berwarna hijau. Jadi ada kemungkinan peralatan tersebut memang sengaja di bakar oleh seseorang.

 

Saat ini, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan pelaku, denga   melibatkan team inafis polres sragen.

 

Beruntung sekali, meski sempat terbakar, namun alat itu hanya mengalami pengelupasan pada pelindung kabel, dan Swit Box Motor Wesel tidak mengalami kerusakan dan tidak mengganggu sisten navigasi perkereta apian

 

Namun atas kejadian pembakaran Swit Box Motor Wesel dan HEAD Axel Konter tersebut, pihak PT KAI Daop 6 Yogyakarta, ditafsir mengalami kerugian hingga Rp 25 juta rupiah.

 

(Humas Polres Sragen)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.