Tue. Mar 9th, 2021

Suara sragen

JUJUR AMANAH DAN TERPERCAYA

Kanit Intelkam Polsek Sumberlawang Sragen Menghadiri Rakor Persiapan Pembentukan Panitia Pilkades Serentak 2019

2 min read

Sragen-Polsek Sumberlawang
Aiptu Suwartono Kanit Intel Polsek Sumberlawang Polres Sragen mewakili Kapolsek menghadiri kegiatan Rakor Persiapan Pembentukan Panitia Pilkades Serentak 2019 Kecamatan Sumberlawang.Jum’at (14/06/2019).

Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan,S.I.K.M.H.M.I.K melalui Kapolsek Sumberlawang AKP Fajar Nur Ikhsanuddin,S.Sos menyampaikan Aiptu Suwartono Kanit Intel Polsek Sumberlawang Polres Sragen mewakili Kapolsek menghadiri kegiatan Rakor Persiapan Pembentukan Panitia Pilkades Serentak 2019 Kecamatan Sumberlawang.

Kegiatan Rakor di laksanakan pada hari Jum’at tanggal 14 Juni 2019 jam 09.30 s/d 11.00 WIB di aula kantor Kecamatan Sumberlawang dengan di hadiri Drs.Susilohono, MM (Camat Sumberlawang ),Kapten CBA Suwanto (Danramil 17 Sumberlawang ),Aiptu Suwartono, SH ( Kanit Intelkam mewakili Kapolsek Sumberlawang ).

Sambutan dan paparan Perbup Sragen tentang juklak Pilkades Serentak 2019 di Kabupaten Sragen
Tim Pilkades Kecamatan terdiri dari Muspika Kecamatan, Ka UPTD Diknas, Sekcam, Kasi Pemerintahandan Kasi Trantib,sedangkan Tim Panitia Pemilihan ditingkat Desa meliputi, Sekretaris Desa, Lembaga Desa dan tokoh masyarakat desa setempat.

BPD berkewajiban untuk membentuk panitia pemilihan tingkat desa dan panitia pemilihan tingkat TPS dan BPD tidak boleh menjadi panitia desa dan tim sukses calon Kepala Desa.Dasar pelaksanaan tugas panitia Pilkades adalah UU No.16 Tahun 2006 tentang Desa, Perda Sragen No. 04 Tahun 2019 dan Perbup Sragen No. 20 Tahun 2019 tentang petunjuk pelaksanaan tugas panitia Pilkades.

Jumlah Desa di Kabupaten Sragen yang Pilkades sebanyak 167 desa dan di Kecamatan Sumberlawang sebanyak 10 desa dengan TPS berdasarkan kebayanan sehingga satu kebayanan satu TPS meskipun jumlah DPT sangat banyak.

Sambutan Kapten CBA Suwanto selaku Danramil 17 Sumberlawang menyampaikan untuk pemilihan Kepala Desa setiap enam tahun ini jangan menjadi sarana pergantian pimpinan desa sehingga tidak baik menjadi pemecah persatuan masyarakat karena berbeda pilihan.

Untuk menghindari permasalahan di kemudian hari maka pelaksana Pilkades harus berdasarkan aturan yang berlaku baik undang-undang, Perda dan Perbup Sragen.Mari kita sukses Pilkades serentak Kabupaten Sragen 2019 ini semoga dapat membuahkan pimpinan desa yang terbaik.

Aiptu Suwartono selaku Kanit Intelkam sekaligus mewakili Kapolsek Sumberlawang menyampaikan untuk Panitia pemilihan baik tingkat desa maupun tingkat TPS harus cermat dalam menyusun Daftar pemilih agar kelak tidak menjadi persoalan.

Dalam Pilkades ada beberapa kerawanan yaitu perusakan gambar calon, tidak cermatnya pemyusunan DPT dan praktik politik uang.Kepada panitia pemilihan baik tingkat desa maupun tingkat TPS harus netral dengan tidak condong kepada salah satu calon.

Pedomani Undang Undang, Perda dan Perbup Sragen yang berlaku mudah – mudahan Pelaksanaan Pilkades Serentak di Kabupaten Sragen dapat berjalan dengan lancar, sejuk dan damai.
Kegiatan berjalan aman dan kondusif.mis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.