Thu. Feb 25th, 2021

Suara sragen

JUJUR AMANAH DAN TERPERCAYA

Anggota Bhabinkamtibmas Sukorejo Sragen Hadiri Lomba Energi Berkat Biogas

2 min read

Sragen – Desa Sukorejo Kecamatan Sambirejo menerima kedatangan tim penilai Lomba Desa Mandiri Energi se Jawa Tengah. Kehadiran tim penilai diterima oleh Asisten Pemerintahan Sekda bersama Kepala Dispermades, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Bappeda juga Kepala Desa Musuk beserta jajarannya, Bhabinkamtibmas Desa Sukorejo Bripka Agus Mursito. SH Polsek Sambirejo Polres Sragen Polda Jawa Tengah juga nenghadiri lomba, Jumat (14/06/2019)

Dari Balai ESDM, serta perwakilan Setda Provinsi Jateng juga tim penilai lomba Desa Energi Mandiri tingkat Jawa Tengah, turut mendampingi pada penilaian ini.

Asisten Pemerintahan dalam sambutannya mengatakan, Desa Sukorejo pada waktu sebelumnya pernah mengikuti perlombaan serupa dan mendapat predikat juara harapan satu. Ia mengungkapkan, turut mendampingi saat persiapan lomba desa, dengan materi lomba desa mandiri yang tidaklah mudah.

“Sebab banyak materi yang harus dipersiapkan secara detail dan membutuhkan waktu untuk memenuhi kriteria tersebut karena memang membutuhkan sarana dan prasarana,” ungkap Asisten Pemerintahan.

Ditempat terpisah Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan SIK.MH.MIK melaluhi Kapolsek Sambirejo AKP M Saptiwi R.SH mengatakan Belum mendapat juara, Desa Sukorejo rupanya berkeinginan mengikuti lomba lagi, tentunya dengan terobosan dan pengembangan yang pada waktu itu direkomendasikan oleh tim penilai, seperti nilai pemanfaatan energi untuk masyarakat.

“Dari segi inovasi kita sudah bagus.
kedepan kita fokus pada pemanfaatan ke masyarakat umum seperti pengembangan di lini pertanian dan peternakan sehingga berdampak secara riil dan optimal. Untuk itu diharapkan ada dorongan motivasi dari dinas terkait, agar peningkatan nilai kemanfaatan kepada masyarakat bisa segera terwujud,”

Dihadapan tim penilai, menjelaskan suplai biogas untuk rumah tangga masih belum bisa merata karena kendala jarak yang cukup jauh. Untuk saat ini ada peningkatan pemanfaatan secara umum yang awalnya hanya mensuplai untuk beberapa keluarga. Seperti biogas sudah dimanfaatkan untuk penerangan jalan umum.

Rencanaya, kedepan akan dikembangkan juga bio reaktor yang akan digunakan untuk pengembangan usaha ekonomi desa. Salah satunya untuk pengembangan desa wisata seperti kolam renang, water boom dan sebagainya.

“Saat ini, kita sedang menunggu pendanaan dari desa dan pemerintah daerah agar mimpi Desa Sukorejo menjadi wilayah mandiri energi bisa terwujud dan berkembang. Jika dimungkinkan, kami juga akan mengalokasikan pada anggaran perubahan.

( Sbr )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.